Desa Mojorejo Terima Sertifikat ODF (Open Defication free)

oleh

LintasBojonegoro.com – Setelah melalui berbagai upaya yang dilakukan demi tercapainya Desa Mojorejo Kec. Ngraho Kab. Bojonegoro sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) yakni Desa yang masyarakatnya tidak membuang air besar sembarangan akhirnya tercapai.

Hal tersebut ditandai dengan diserahkannya Sertifikat ODF gedung Angling Dharma Pemkab Bojonegoro oleh Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto, MSi. kepada Sekretaris Desa Mojorejo, Siti Khotimah. Selasa (12/12/2017) dengan disaksikan oleh wakil bupati Drs. Setyo Hartono & Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro, para Kepala Desa yang menerima sertifikat ODF tersebut.

Menjadikan sebuah Desa sebagai Desa ODF bukan perkara gampang, seperti membalikan telapak tangan, dengan kondisi Masyarakat yang diketahui sangat sulit sekali akan hal kebersihan dan kesehatan masyarakat. Namun Desa Mojorejo telah berhasil memenuhi standar tersebut sebagai Desa ODF.

“Oleh karena itu, terima kasih kami sampaikan atas pemberian sertifikat ODF ini kepada Desa kami, semoga nanti Desa Mojorejo bisa meningkatkan menjadikan Desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat),” ujar Sekretaris Desa, Siti Khotimah

Di balik ini semua tentu ada upaya upaya dari berbagai pihak yang secara bahu-membahu berjuang menjadikan Desa Mojorejo ini menjadi Desa ODF.

Berkat dari peran serta masyarakat dan lintas sektor masyarakat yang ada di Desa Mojorejo seperti Bhabinsa atau Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa dan seluruh aparatur Desa, para tenaga kesehatan serta seluruh masyarakat akhirnya Desa Mojorejo berhasil mancapainya.

“Tentunya atas nama pribadi dan atas nama pemerintah Desa Mojorejo saya sangat berterima kasih sekali atas penghargaannya ” tutur Kepala Desa Mojorejo, Sutikno. (*)