Desa Kasiman Bangun Akses Air Bersih di Setiap Dusun Untuk Warga

oleh -78 views
Proses slametan sebelum pengeboran sumur


LintasBojonegoro.com — Musim kemarau yang panjang, mengakibatkan warga di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. Salah satunya di Desa Kasiman Kecamatan Kasiman, yang setiap musim kemarau mulai bulan Juli, sebagian warga Desanya harus berjuang untuk mendapatkan air bersih.

Berangkat dari kondisi tersebut, Pemerintah Desa berencana membangun infrastruktur untuk akses air bersih bagi warga di 5 Dusun. Yakni di dusun Jintel Lor, Jintel Tengah, Kawongan, Kasiman dan Karanganyar.

banner

Rencananya, di setiap dusun akan dicari titik sumber mata air, lalu dilakukan pengeboran dan dibangunkan tandon serta jaringan pipa untuk mengalirkan air ke rumah – rumah warga.

” Jadi di setiap dusun nanti ada, ini masih proses pengerjaan,” Kata Kepala Desa Kasiman H. Rohmad Gozhali, SE Kamis (12/09/2019).

Saat ini baru dua dusun yang sudah dibangun infrastruktur tandon air, jaringan pipa dan sumur bor. Sisanya masih ada 3 dusun lagi yang akan dituntaskan untuk mempermudah akses air bersih bagi warga.

Kondisi sumber mata air yang memang sulit, sumur bor diperkirakan bakal memiliki kedalaman sampai 50 meter. Untuk antisipasi juga disiapkan bilamana mencapai kedalaman hingga 100 meter.

Meski dari segi biaya tidaklah murah, yakni sekitar Rp. 300 juta untuk satu lokasi, hal itu tidak menyurutkan niat Kades Kasiman untuk mengeluarkan kebijakan tersebut.

” Ada tidak ada kita usahakan, suapaya warga tidak kesulitan air bersih lagi,” Terang Kades yang terkenal tegas tersebut.

Jika semua infrastruktur sudah selesai dikerjakan, ada sebanyak 1.419 KK yang akan terailiri air bersih. Selain bisa digunakan keperluan rumah tangga, harapanya juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan pengairan di sawah sawah milik warga.

Dengan program tersebut Kades Berharap saat musim kemarau tiba, tidak ada lagi warganya yang akan kesulitan mendapatkan air bersih.

Reprter : Dian