Desa Kandangan —Trucuk, diprogramkan menjadi Kampung Buah Sawo

oleh

Reporter Eko Purnomo
_____________________
Lintasbojonegoro.com —

INOVASI kepala Desa Kandangan H. Tamban, ternyata bukan hanya perihal Genius soal management Bidang Adiministrasi serta bangunan phisik serta bidang pengajian saja, tetapi perbuahan juga memahami tentang kultur dan kandungan hara tanah.

Saat beraudensi dengan camat Trucuk Waji, SE.MM. Kades kandangan H.Tamban, memaparkan beberapa alasan tentang inovasi yang mengarah pada desa Kandangan menjadi bagian dari tujuan wisata petik buah Sawo jumbo, dikebun dan pekarangan warga. Sementara uji coba baru di rumah warga RT.03 sebanyak 70 pohon, RT. 15 dan RT. 14. Dan pula orang nomor satu,di desa kandangan, ternyata gagasannya bukan hanya sawo jumbo, tetapi mengarah pula jambu madu, kelengkeng varitas Diamond, bahkan musren tahun depan program buahisasi akan diagendakan.”harapan kami, warga kandangan lekas menjadi sangat baik tingkat perekonomiannya, Sawahnya panen bisa 3 kali, ternaknya Sapi & kambing jengkar serta sehat-sehat, ladang/pekarangan bisa memberikan nilai tambah ada sawo berbuahnya tanpa mengenal musim, belum lagi jambu madu, kelengkeng, bebeknya bertelurnya lancar dan rencana 2019 kami anggarankan DD, untuk pengadaan bibit sawo, klengkeng, jambu madu. Ulasannya kades kandangan yang kreatif serta energik dan selalu berlogika, kecuali bencana alam.

banner

Camat Trucuk Waji, SE.MM. memberikan apresiasi atas inovasi dan ide cemerlang untuk mempunyai icon, bahwa desa Kandangan jadi desa Petik Sawo jumbo di pekarangan warga.”jambu kristal ada di Mori, Padang, Pagerwesi, sranak, jambu air ada di desa Tulungrejo”.

Sekcam,Trucuk Dian Rahmawati, SSTP.MM. juga memberikan penilaian pada kades kandangan , positive. Karena bila ada program langsung merespond dan merealisasikan dengan cepat.”ndang bar ndang wis, ndang,segera segera dilaksanakan, setelah itu mencanangkan lagi, dan selalu siaga”.

“Oh yaa, untuk kelengkeng nantinya dilokasikan tanah di samping Poskesdes, lore lapangan”, tambahnya saat usei menanamkan sawo di pekarangan Warga bersama Camat Trucuk.***(Ekopurnomo).

banner