Desa Dander Pengerjaan Fisik dan Administrasi Terbaik Se Kecamatan Dander

oleh

Oleh Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com — WARGA sekarang sudah tahu perkembangan dan kegunaan dana pembangunan, bahkan kesadaran rasa peduli “handarbeni”, berangsur berkembang mengalami peningkatan.

Dari hasil konfirmasi reporter media online Lintasbojonegoro.com, pada camat Dander Hj. Nanik Lusetiyani,S.Sos.MM. didampingi sekcam dander H. Heru witjaksi, SSTP.MM. Mengatakan bahwa desa yang terbaik dari hasil monitoring, secara administrasi dan wujud phisik, yakni desa Dander.” Semua baik, akan tetapi diantara yang baik baik itu yang,terbaik adalah desa Dander. Sosok kades nya, disiplin, tegas, silahkan langsung saja ke sana, konfirmasi tentang konsep/ pola/ resep resep , matur tadi sebelum menghadap ke pak kades, sudah dari bu camat. Ok.., ni kami ada tamu”, himbau camat dander yang selalu familier.

banner

Kades dander Kiswoyo, menjelaskan bahwa, kepala desa merupakan koordinator serta penanggung jawab pelaksanaan program. Baik itu program yang,sudah melalui musrenbangdes maupun program pemerintah, termasuk tata kelola keuangan yang telah diterima kepada desa.”kita harus bertanggung jawab tugas dan kewajiban atau kinerja sebagai pelaksana roda pemerintahan desa, termasuk pemanfaatan keuangan yang kita terima. Dan pola yang kita terapkan adalah sesuai petunjuk tehnis,dari pemerintah kabupaten, kecamatan, serta perdes. Sebagai acuannya. Tujuannya agar semua tahu sejauh mana perkembangan pembangunan.
Untuk perihal phisik diratakan, agar tidak memunculkan image rasa,cemburu sosial. Diutamakan adalah sesuai inprastruktur. Karena dengan jalan bisa mengatrol peningkatan pendapatan, karena dengan akses jalan baik, lancar mengangkut hasil pertanian, alur lalu lintas perdagangan polowijo juga lancar.

Perihal administrasi selalu disesuaikan dengan apa saja yang dilaksanakan. Evaluasi dilakukan agar selalu dimengerti efek yang sesuaikan dengan,situasi dan kondisi.

Kades Dander yang juga mantan (Pensiun ) Polisi sebagai Pengawal (ala film California Higwhay Patrol/CHIP), dalam memanag/meminit perangkat adalah,sebagai berikut; awalnya kades memberikan arahan bahwa sebagai perangkat bertugas sesuai tupoksi masing-masing dan harus selalu pro aktif sebagai pelayan masyarakat. Artinya untuk kepentingan masyarakat agar jangan membuat kecewa. Untuk memupuk kebersamaan sekali-kali kita mengadakan makan bersama.” Alhamdulillah phisik,sudah selesai sesuai dana yang dianggarkan. Untuk BUM-Des, masih noto-noto. PAD hanya berasal Tanah Kas Desa, walau Dander ada pasar itu dikelola oleh Pemda dan belum berkontribusi untuk desa walau adanya di desa. Termasuk tempat wisata 1 %, belum ada kontribusi. Untuk pasar kambing itu tanah milik KUD, tetapi ada sedikit kontribusi diantaranya memberikan kegiatan pemuda untuk mengurusi parkir.”.

Kendala hingga,saat ini adalah merubah paradigma , namun,secara perlahan mereka jadi tahu, misal kerja bhakti, vakum beberapa tahun, sekarang mulai muncul kesadaran bersama, yakni selain lingkungan bersih, mereka bisa bersilaturahmi disela sela hari efektif kerja sibuk, sekarang bisa tegur sapa.

Desa dander yang memiliki 40 lingkungan Rumah Tangga (RT), 3 dusun Dander, jepar, nemon, sudah mencapai 95 %, insprastruktur nya, program 2019, akan mengajukan usulan untuk mengadakan mobil siaga untuk kelancaran kesehatan warga. “Rencana jenis Suzuki APP, untuk membantu warga saat butuh kendaraan secara tak terduga, dan ini juga merupakan vissi & missi, kami. Soal PTSL sudah mengajukan namun belum pada giliran.” Urai kades suami dari Sri Murti’in (ketua PKK).

“Sebagai kades adalah merupakan rasa pengabdian, seandainya mau kaya, kami jadi Polisi jadi Polantas sekian tahun hingga kami diminta untuk mengajukan pensiun, jangan diartikan bermain politik, tetapi sebuah arti,adalah pengabdian, yang kami cari,adalah rasa nyaman melaksanakan amanah masyarakat, hidup bersama keluarga tentram, damai. Harapan kami, masyarakat adanya peningkatan SDM nya, sehingga mereka meningkat inivatif,agar dander semakin maju”, papar kades Dander, Kiswoyo.”***(ekopurnomo).

banner