Desa Beji Kecamatan Kedewan Damai Sejahtera

oleh

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com — Desa Beji kecamatan kedewan adalah merupakan desa yang terletak di ujung Barat daya Bojonegoro, ujung segi tiga kabupaten, (Bojonegoro-Tuban & Blora (jawa Tengah)..)

Dengan suport suami kades Beji Rahayuningsih, yakni Bung Edi cahyono putro, bukan sulap bukan,sihir desa Beji yang dulu konon identik desa jauh dari setroom kabel listrik, kini bagaikan desa metropolis.

banner

Pelajaran yang diberikan oleh kades dua periode ini yakni azas musyawarah, keterbukaan, dan ngantor bersama-sama, semua perangkat aktif walaupun kasun.

Kades Beji Rahayuningsih, didampingi suami yang mahir ilmu pembangunan ini, mempunyai brand tersendiri. Yakni tiap hari minggu para lelaki kerja bhakti tingkat dusun / per dusun, para ibu ibu ikut senam .

Adapun sembilan perangkat diantaranya, kasi pemerintahan irma pramudia astutik, kasi pelayanan sunardi, kasi kesejahteraan suparlan, kaur keuangan sunaji, kaur tata usaha & umum Muksin, kasun beji hari niswanto, kasun bulu noto, kasun dilem purwanto, kasun singget sarmijan. Serta 3 staf /operator. Dan 2 tukang kebun/bersih bersih kantor desa.

Adapun dalam kepemimpinannya di periode kedua, pembangunan phisik yang telah dicapai, diantaranya, pembangunan & pemeliharaan jalan pemukiman, kegiatan penghijauan, pembangunan jalan rabat beton, pembangunan pot taman desa, rehabilitasi rumah,sendang, makadam beji, ODF, Peningkatan sarana dan prasarana, perbaikan Kantor desa , jalan paving rt.15/rw.3, TPT Singget, PJU 12 titik poros kecamatan, pembangunan jalan makadam & gorong-gorong,pembangunan TPT RT. 03/RW.01. Pembangunan plengsengan /talut rt.,9 RW. 5, pembangunan makadam lanjutan rt. 4,Rw.1, pembangunan rt.3, RW.1.pembangunan bronjong,singget rt. 16.rw.4. Pembangunan PJU, pembangunan pos kampling, pembangunan pamsismas, perbaikan kantor balai desa, jalan paving Beji-Singget, TPT rt. 4 rw.(BKD 2018), jembatan.

Dalam monografi, desa dengan jumlah penduduk sekitar 2700 jiwa, dipilah menjadi 772 kk, terbagi di beberapa dusun serta pendapat rastra berjumlah 232 ini, semenjak tampilnya tokoh masyarakat bernama Bung Edi cahyono putro (suami), desa Beji semakin semarak, damai rukun, bahkan tiap malam sewaktu waktu petugas keamanan (Polsek/koramil/Pol PP), malam hari butuh bantuan tenaga/sebagai teman patroli, warga Beji selalu,siapa. Tiap malem ‘ngopi bareng’ di rumah kepala desa, termasuk kopi & snack kerja bhakti tiap minggu juga dari dana pribadi kepala desa Beji.

Di Wonocolo ada Texas, di Beji pun juga akan mengembangkan Destinasi wisata yakni kebun rambutan yang sudah rutin berbuah, kebun jambu kristal, durian, klengkeng sentra di dusun nDilem, sedangkan disingget ada sumber mata air sepanjang tahun tidak mampet, bahkan sedang berjalan proses pembuatan bak penampungan untuk kolam wisata, dan diatasnya ada goa “Tritis’.
Harapan kepala desa Beji, sesegeralah dinas pariwisata menyentuh asset tempat wisata yang di desa Beji, “kades ingin nya membangun dan mengembangkan potensi yang ada ,agar Beji lebih baik, sejahtera. Dan jalinan kebersamaan tetep terjaga. Memang,susahnya diundang kumpul yaa datang, tetapi kadang,bila ditanya temannya yang berhalangan/tidak bisa hadir. Kadang yaa ‘dong’ , itulah fenomena, unik tapi rukun. Pokok-e iyoone dari pada ora-ne.”, ulasan kades Beji Senior di kecamatan Kedewan Rahayu ningsih, yang juga putra mantan kades Beji dimasa lampau+ serta ayahandanya juga mantan kades di perantauan bumi batubara pulau kalimantan.

banner