Daun Mangga Ternyata Bisa Diolah Jadi Minuman Segar

oleh

Reporter : Dian

Lintasbojonegoro.com – Pohon mangga adalah jenis tanaman buah sekaligus jenis pohon peneduh yang banyak ditanam di Indonesia, terutama pulau Jawa. Buah mangga merupakan buah tropis yang menjadi salah satu favorit masyarakat karena lezat dan kandungan nya yang sangat bermanfaat. Sementara daun mangga belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Di desa Ngumpakdalem, warga RT. 5 berupaya menciptakan produk inovasi dengan Sumber Daya Alam yang ada. Terdapat beragam jenis pohon Mangga di area RT. 5 Desa Ngumpakdalem, ini menjadi salah satu pertimbangan untuk menjadikan daun mangga manjadi bahan baku pembuatan produk inovasi RT. 5.

banner

Drs. Paiman selaku Ketua RT. 5 Desa Ngumpakdalem menyatakan bahwa produk inovasi semestinya memanfaatkan sesuatu yang belum dimanfaatkan banyak orang. Pembina inovasi RT. 5, Adib Nurdiyanto, M.Pd mengatakan, “daun mangga memiliki banyak zat yang sangat baik bagi kesehatan, mudah didapatkan dan bisa diolah dengan mudah,”Katanya.

Ini menjadi pertimbangan bagi warga RT. 5 untuk membuat produk inovasi berbahan daun mangga. “Kata Damang merupakan singkatan dari Daun Mangga, sehingga nama produk menjadi lebih menarik,”tambah Suhartini, selaku ketua tim produksi Sari Damang.

Sari Damang ini terasa nikmat dan berkhasiat, antara lain :
– membantu menurunkan hipertensi
– membantu mengatasi gangguan pada empedu dan batu ginjal
– menyehatkan pencernaan
– kaya antioksidan.
Hasil penjualan Sari Damang akan dimasukkan kas RT yang nantinya digunakan untuk kegiatan lingkungan.

banner