Cerita Singkat Tentang Kades Kedewan

oleh

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com — DESA Kedewan kecamatan kedewan, Sebelum di jabat oleh Bu Sumiyati, yakni Bapak Lashari, karena aturannya dulu 2 periode, sekarang menjabat adalah istrinya”, penjelasan,Kasi PMD Kedewan Suwanto, yang dulu juga pernah menjabat kepala desa 2 periode di kecamatan Padangan.

Desa kedewan dalam,sejarahnya cuma satu dusun/krajan, tetapi ada 5 wilayahnya yakni kemantren, kalurahan, pule, margoasri dan dukuhan. Itulah ceritanya kades kedewan Sumiyati saat lintasbojonegoro.com menghadapnya di kantor,desa kedewan (16-10-2018).

banner

Masih menurut kades yang punya suara melancholic tersebut, dalam kepemimpinannya, untuk pembangunan maupun inprastruktur khususnya pavingisasi hampir 80 % dan juga jembatan hampir semua bagus.dan semua sesuai prosedur, misal diawali musren ditindaklanjuti RPJM-Des, lalu RKP, TAPDES- RAPB-Des, lalu disosialisasikan BPD dan Pemerintahan Desa, dan ditetapkan menjadi APBDes.

Terkait pelaksanaan pembangunan /timlak , yakni unsur Pemdes dan Tomas, sedangkan karang taruna belum masuk dan BPD tidak masuk.”Sumberdana meliputi DD, ADD. Disesuaikan dengan petunjuk yang ada, serta dusesuaikan,dengan form form yang ditentukan. Termasuk pula pembangunan tersebut disesuaikan dengan,RAB, termasuk desainnya”, ulasan kades kedewan Sumiyati.

Kasi PMD, pengelolaan selama ini,sudah,sesuai regulasi, apa adanya, harapannya tentunya untuk memacu peningkatan kesejahteraan. Kinerja kades ,perangkat bagus ,untuk BUMDes, masih akan dianggarkan yang penting bukan simpan pinjam.

Sekdes Kedewan, Dwi,Sulastri, merasa senang dipimpin kades Sumiyati, karena marah tidak marah ,tutur katanya halus, menyejukan. Kalau menegur bila,ada kekeliruan, cukup begini,”ini lhooo kurang pas, pokok e, nyamanlah”.

Adapun perangkat yang selalu,siaga diantaranya, Sekdes,Dwi sulastri, kaur umum Rochaeni, kaur keuangan kuryani, kasi pelayanan Lulus Raharjo, kasi kesejahteraan Sudarwo, kasi pemerintahan Sumarlan, kasun M. Yusufa.

Adapun sesantinya, Dengan melaksanakan tugas dengan bekerja sama yang baik, teliti demi mencapai benar, adalah kunci keberhasilan serta bisa mendapatkan bahagia”.

banner