Camilan Tradisional Dapat Berkah Dalam Bojonegoro Semarak Expo 2018

oleh

BOJONEGORO – Bojonegoro Semarak Expo 2018 menjadi event penuh berkah bagi masyarakat pelaku IKM (Industri Kecil Menengah) dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Betapa tidak? Mereka tidak hanya bisa meraup keuntungan penjualan selama berlangsungnya Expo, namun juga mendapat fasilitas tempat gratis yang difasilitasi oleh SKPD jajaran Pemkab Bojonegoro.

Data yang dihimpun lintasbojonegoro.com menyebutkan, ada sekitar 250 pelaku IKM dan UMKM yang mendapat fasilitas tempat gratis dalam event Bojonegoro Semarak Expo 2018. Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bojonegoro, Agus Supriyanto, pelaku IKM dan UMKM yang mengikuti Expo diantaranya bergerak dibidang kuliner, kraf, camilan khas Bojonegoro, furnitur, batik, fashion, dan produk hasil pertanian di Bojonegoro.

“Pemkab Bojonegoro terus berupaya melakukan pembinaan IKM dan UMKM agar mampu menciptakan produk yang bagus dan nilai jualnya meningkat,” kata Agus Supriyanto.

banner

Salah satu pelaku IKM yang mengkiuti Expo bernama Sumiyati, menyatakan berterima kasih pada Pemkab Bojonegoro yang memberikan fasilitas tempat gratis. Wanita yang memproduksi camilan khas Bojonegoro ini tidak sendirian bisa jualan di dalam stand secara gratis, namun juga bersama tetangganya dan koleganya dari berbagai desa yang mendapat binaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Bojonegoro.

“Kami berjualan bersama teman-teman yang dibina oleh BMUDesa (Badan Usaha Milik Desa) dan menempati stand Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD),” tutur Sumiyati produsen camilan khas Bojonegoro binaan BUMDesa Sukorejo Kota Bojonegoro. Camilan yang diproduksi oleh Sumiyati antara lain; rengginang, gapit manis dan asin, goyang-goyang, seledri, jari-jari, unthuk yuyu, jinten, kripik pisang, dan wedharan.

“Kami benar-benar mendapat berkah dari event Bojonegoro Semarak Expo 2018 karena Bupati Bojonegoro, Ibu Anna Muawanah dan Wakil Bojonegoro, Bapak Budi Irawanto juga berkenan membeli camilan produksi kami,” imbuhnya. (Kang Zen)

banner