Buah Melon Jadi Pilihan BUM Desa Lana Usaha Raup Untung

  • Whatsapp

Bojonegoro — Meski dengan modal yang tidak sedikit, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Lana Usaha optimis raih untung dari tanaman melon. Pada bulan Agustus ini lahan seluas 800 meter persegi garapan unit usaha pertanian diperkirakan siap panen.

Bendahara BUM Desa Lana Usaha Desa Ngujung Kecamatan Temayang Mufidz mengatakan, unit usaha pertanian baru pertama kali melakukan tanam buah melon. Pengurus BUM Desa terinspirasi melihat adanya contoh sukses dari petani melon Desa Setempat.

” Kita melihat ada peluang bagus pada tanaman melon ini, jadi unit usaha pertanian mencoba peruntungan,” Kata Mufidz Senin (17/08/2020).

Ketua Unit Usaha Pertanian Sonny Arifin menyampaikan, modal yang dibutuhkan untuk menanam melon hingga usia panen di lahan +-800 meter persegi adalah Rp. 32 juta.

Biaya tersebut meliputi, sewa lahan, pembelian bibit 15 pes, perawatan selama 3 bulan, pupuk dan obat-obatan, serta ongkos pekerja.

” Modalnya memang lumayan, ada resiko kerugian jika gagal panen, tapi kecil, kita optimis peroleh untung bulan ini,” Ujar Sonny.

Namun ada sedikit kendala terkait naik turunya harga saat panen. Jika terjadi panen raya di daerah lain, maka dipastikan harga buah melon juga bakal turun.

” Awalnya kita prediksi bisa laku 60-70 juta, tapi mungkin tidak sampai, karena sedang ada panen raya.” Jelasnya.

Ia berharap di masa tanam berikutnya akan menghasilkan keuntungan lebih besar. ” Ini kan baru pertama, minimal kita belajar, untuk selanjutnya agar lebih baik.”Pungkasnya.

Pos terkait