Banyaknya Hama Tikus, Desa Jipok Datangkan Pakar Pertanian

oleh

LintasBojonegoro.com – Banyaknya warga masyarakat di Desa Jipo Kec. Kepohbaru Kab. Bojonegoro yang mengeluh tentang adanya serangan hama tikus, ditindaklanjuti segera oleh Bhabinkamtibmas Desa Jipo dengan mendatangkan Pakar pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Rabu (20/12/2017).

Pemerintah Desa dan seluruh warga masyarakat Desa Jipo yang tergabung dalam kelompok tani berdiskusi tentang tata cara penanganan hama tikus. Kegiatan yang dilaksanakan di pendopo Balai Desa Jipo tersebut terlihat akrab dengan pemberian materi yang mampu di terima oleh warga masyarakat Desa.

Dalam penyampaiannya, mengajak para kelompok tani untuk memahami tentang karakter tikus. Mulai dari waktu hama tersebut keluar sarang, hingga tempat berkembang biak. “Kita harus paham apa yang kita hadapi, setelah itu baru kita atur strategi bagaimana cara melawannya”, terang Chomarudin pakar pertanian ini.

banner

Selain itu, Chomarudin yang didampingi oleh Joko S yang juga merupakan pertanian tersebut menjelaskan tata cara memerangi hama tikus. “Untuk jangka panjang, kita dirikan rumah burung hantu. Untuk jangka pendek, kita gunakan system gopyokan dan pemberian obat tikus yang aman”, imbuhnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Jipo mengajak seluruh warga masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani untuk segera membangun rumah burung hantu di masing – masing sawahnya. Sehingga, kedepan tidak ada lagi hama tikus yang akan menyerang tanaman padi dan lainnya yang baru di tanam.

“Kita deadline sabtu depan sudah berdiri semua, setelah itu kita laksanakan gopyokan bersama sama”, Ucap Bripka Malik Purnomo, SH Bhabinkamtibmas Desa Jipo Kec. Kepohbaru Kab. Bojonegoro.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Jipo yang tidak bisa hadir dalam pertemuan tersebut mengucapkan banyak terima kasih terhadap peran serta Bhabinkamtibmas. Tidak hanya menjaga keamanan masyarakat desa, namun juga peduli terhadap permasalahan yang ada di Desa yang dia pimpin.

“Terima kasih kepada bapak Malik, semoga Desa Jipo segera terbebas dari hama tikus. Dalam waktu dekat, kita segera adakan gopyokan dan pembangunan rumah burung hantu secara serentak”, tutur Toifur Kepala Desa Jipo. (Un)

banner