Banyak Masalah, DPRD Akan Panggil Direksi PD. BPR

oleh

Lintasbojonegoro.com – Komisi B DPRD Bojonegoro akhirnya bereaksi terhadap kinerja salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PD. BPR Bank Daerah Bojonegoro. Melihat banyaknya masalah yang terjadi di internal BPR, Komisi B akan segera menjadwalkan pemanggilan.

Hal itu disampaikan oleh salah satu anggota komisi B DPRD Bojonegoro Lasuri, Rabu (22/08/2018).
” Segera akan kita agendakan untuk memanggil BPR untuk meminta klarifikasi dari pihak bank,” Kata Lasuri.

Politisi Partai Amanat Nasional itu mengungkapkan kasus yang terjadi di PD. BPR tidak bisa terus dibiarkan. Perlu adanya perbaikan dari sisi internal.

banner

Untuk itu pihaknya memerlukan penjelasan secara lengkap dari manajemen. Seperti kejadian dugaan kredit fiktif yang beberapa kali mencuat.

Direksi BPR melaporan kepada komisi B ada sekitar 7 Milyar kredit macet pada pertengahan tahun 2018 ini.
” Apakah di dalam 7 milyar itu ada kejadian serupa yaitu kridit fiktif. Kalau ada direksi harus menindak tegas semua pelaku kajahatan bank ini,” tegas Lasuri.

Sebelumnya untuk memperbaiki kinerja bank daerah tersebut, pihak DPRD dan Pemkab telah mengusulkan penggantian Direksi pada tahun 2017.

Namun setelah satu tahun berlalu, memasuki 2018 belum ada perubahan berarti. Hingga semakin banyaknya kasus mencuat, dan roda bisnis yang belum stabil.

Banyaknya modal yang digolontorkan tidak selaras dengan tingkat PAD yang diberikan. Hingga tingginya angka NPL setiap bulanya.

” Kalau Bu Sutarmini (Dirut : Red) ini saya tidak tahu tepatnya bulan berapa, tapi kita sudah tekankan ada perombakan manajemen,” Imbuhnya.

Tercatat ada satu kasus dugaan orang meninggal dapat kredit di cabang Kalitidu mencuat pada tahun 2017, kasus pemalsuan data pemohon kredit di cabang Kedung adem pada akhir tahun 2017, dan yang terbaru dugaan kredit fiktif di salah satu cabang yang masih dalam investigasi.

banner