Alam Menawan di Bumi KPH Parengan

oleh

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com — ADA beberapa kandungan bumi yang terdapat area destinasi wisata di wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), Parengan Divisi Regional Jawa Timur, memang sumber air belerang prataan jadi primadona.

Adminitratur (Adm/KKPH) Parengan Badarrudin Amin, S.Hut. MM. didampingi Kaur Humas Agus Susilo Utomo, SH. Supervisor Nurahman, JMB Hendroyono dan Agus Diyono (Staf), menyebutkan bahwa, Untuk sementara ini optimal pengelolaan wana wisata masih fokus Sumber air panas belerang prataan dan gua putri asih, dan masih wacana yakni air terjun kerawak. Yang dulu dibikin area sound film Pengorbanan oleh pak Rhoma Irama.”Untuk prataan memang full di kelola KPH Parengan melibatkan LMDH Tani Makmur. sedangkan untuk Gua Putri Asih dikelola bekerja sama dengan pihak ketiga system statement dengan ketentuan kesepakatan. Untuk prataan walau luasnya 10 hektar akan tetapi tidak siap untuk tempati live hiburan kolosal, masalahnya ‘meng-antisipasi”, agar tanaman bunga yang bagaikan putri raja, diinjak injak penonton, sewa tidak seberapa ,tapi tanaman rusak. Jadi demi asri asli dan lestari, untuk berapa income yang di dapat 2018, datanya di pak agus atau bagian yang membidangi. Mosok harus kami semua yang menjawab,..?”, kata Pak Badarrudin yang dikenal selalu bijaksana.

banner

Selanjutnya menurut dari catatan Kaur Humas Agus Susilo Utomo, SH. Secara geografis KPH Parengan luas,wilayah 17.633, 3 hektar. Secara administratif berada di kabupaten Bojonegoro 2.792,9 hektar, dan yang di kabupaten Tuban 14, 840,4 hektar. “Untuk Wisata air panas Prataan terletak di desa wukirharjo kecamatan parengan Tuban, RPH Manjung petak 32 c, BKPH Parengan Utara. Sedangkan Gua Putri Asih berada didalam hutan jati petak 37a, RPH Nguluhan BKPH Mulyo Agung. Fasilitas di prataan sudah bagus, bahkan ada terapi ikan nilam sebanyak 5000 siap sentuh langsung ndjinggat secara reflex syaraf, kolam mandi Nasdem (panas-Adem) ada. Lebih jelasnya silahkan datang langsung saja, tiket murah tapi puas. Mau out bond, latihan kethoprak an juga boleh, panggungnya ada, lihat rusa menimang anaknya juga ada, sedangkan Keajaiban yang ada di Gua Putri Asih yakni sebagaimana tersurat dalam negeri dongeng kerajaan Serima Penggung, yakni adanya perpaduan variasi gradasi berbagai ornamen , ada manusia, hewan, tumbuhan dan ruangannya pun terbagi 9, ada aula, ruang bertapa, balkon dll. Dan seakan aroma magis serta melekat bau bau sakral. Jelasnya datanglah-datanglah..!.

$upervisor Nurahman, untuk total,akhir 2018, prataan mampu berkontribusi sebanyak RP. 106 juta. Sedangkan untuk Gua putri Asih, belum masuk laporannya, karena lain management.””.(ekopurnomo).

banner