Afwan Maksum Serap Aspirasi Masyarakat Desa Sranak — Trucuk

oleh

Reporter Dian

Lintasbojonegoro.com — Memasuki masa reses DPRD Provinsi Jawa Timur, hari ini Selasa (13/11/2018) salah satu anggota Komisi B dari fraksi PDIP Afwan Maksum, SE., QIA. menyapa warga masyarakat di Desa Sranak Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro.

Puluhan warga terlihat cukup antusias mengikuti acara penyerapan aspirasi yang digelar pada pukul 10.00 wib hingga selesai tersebut.

banner

Kepala Desa Seranak Asmadi dalam sambutannya menceritakan kondisi masyarakat di Desa Seranak kepada politisi PDIP itu.

Desa Sranak termasuk desa dengan penduduk paling sedikit di Kecamatan Trucuk. Secara geografis dikelilingi oleh sungai Bengawan solo dan kali kening.

Selain kondisi geografis, sosial kemasyarakatan, kondisi ekonomi masyarakat yang sebagian besar menjadi seorang petani juga disampaikan.

Kades berharap bisa digunakan bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan.
” Bapak ibu nanti bisa menyampaikan semua aspirasinya kepada pak Afwan yang merupakan wakil kita,”Kata Kades.

Afwan Maksum dalam kesempatan tersebut menyampaikan, reses merupakan sarana wakil rakyat (DPRD) untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat.

Ia mencontohkan, ada permohonan bantuan alat pertanian dari masyarakat, maka para petani harus membentuk kelompok untuk mengajukan permohonan yang nanti akan dibahas oleh DPRD di Provinsi Jawa Timur.

” Misalnya kalau ibu – ibu ingin ada pelatihan membuat kue, menjahit atau apa bisa disampaikan,”Ujarnya.

Afwan melanjutkan, di Jawa Timur ini ada anggaran sebesar 34 triliun yang dikelola oleh pemerintah. Untuk itu reses ini untuk menyerap aspirasi masyarakat agar anggaran tersebut digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Salah satu ibu – ibu yang hadir menyampaikan keinginannya agar ada pelatihan keterampilan di desa Sranak.
Agar ada produk UMKM yang bisa diandalkan untuk dijual oleh masyarakat.

” Kalau ibu – ibu inginya ada pelatihan agar meningkatkan pengetahuan,” Usulnya.

Salah satu warga bernama Prasetio menyampaikan bahwa di Desa Seranak saat ini tengah musim ayam. Oleh karena itu ia berharap ada bantuan hibah dari anggaran provinsi Jawa Timur untuk kelompok peternak.

Mendengar usulan dari beberapa masyarakat itu, Afwan mengatakan akan mencatat dan memberikan prioritas dari setiap usulan masyarakat agar pada tahun 2019 bisa di anggarkan.

” Semua bisa nanti akan kita sampaikan dalam rapat anggaran.”Jelas Afwan.

banner