Ada 69 LMDH Mitra KPH Bojonegoro

oleh

Reporter Eko Purnomo

LintasBojonegoro.Com – KESATUAN Pemangkuan Hutan (KPH) BOJONEGORO, Pengeloaan hutan lestari ,telah melibatkan sebanyak 69 LMDH, dengan jumlah pengurus & anggota sebanyak 18.333 pesanggem.

Administratur/KKPH Bojonegoro, Ir. Daniel, MM. Didampingi Kompers Kel-sos, PKBL & PENGKOP, Markum, disampaikan bahwa, dikawasan hutan ada istilah Hutan Pangkuan Desa, terdapat 50.144. Hektar, semua sudah terbagi habis. Dengan pola SKEMA KULIN KK (Pengelolaan & Perlindungan kemitraan Kehutanan).

banner

Lebih Lanjut, Komandan / Bravo I, KPH Bojonegoro yang akrab dengan saapan Pak Daniel ini. Menjelaskan pula bahwa, sudah ada empat desa yang sudah masuk dalam perdes, yakni desa Jono kecamatan Temayang, desa Leran kecamatan Kalitidu, desa Deling kecamatan,Sekar Dan desa Ngunut kecamatan Dander. Sedangkan,sisanya masih dalam proses.

“Bentuk kerja sama selain pihak I pemilik lahan/Perum Perhutani, Pihak II, LMDH dan pihak III, yakni Investor dalam bentuk kerjasama mikro. Dan pihak YOO harus mau menyesuaikan kondisi administratif, misal di wilayah @- Tanaman pokok. Tumpang sarinya jagung, yaa harus tanaman jagung. Wilayah b, tanaman tumpangsari padi gogo. Maka investor juga harus juga gogo. Selain itu akad tersebut harus sinergy. Dan sebentar lagi semua anggota LMDH ada KTA, sesuai nama, NIK.KK. Kemitraan harus saling memberi untung, bukan untung sebelah tapi merugikan sebelah. Perhitungan , saling menjaga komitment, dan menjaga tanaman pokok yang juga cara pembagian shariing. Sisi bisnis juga tidak mengabaikan,sisi sosial. Jadi untuk hutan pangkuan desa terserah desa yang mengelola jenis tanaman apa yang dikehendaki desa pemangku, misal cocok e jagung ya jagung, tanaman buah cocoknya buah apa, yang penting sama sama bisa menikmati hasil.”, Ulasan Administratur yang terkenal Tegas dan Bijaksana, Pak Daniel.

Sementara mantan kaur Humas KPH Bojonegoro Peraih juara I bidang penulisan tingkat Nasional lingkup Perum perhutani. Markum. Menambahkan, bahwa untuk kerjasama dengan tanaman misal Sengon, agak lebih mudah prosedurnya, ini (24-7-2018), sudah ada tanaman sengon seluas 200 hektar. Silahkan jika,ada yang,akan,andil. Tapi harus berbadan hukum, yakni,LMDH. Bukan,atas nama pribadi, ok.”Pungkasnya.

banner