Ada 121.460 KK di Bojonegoro Yang Bakal Terima Rastra

oleh

LintasBojonegoro.com – Sebanyak 121.460 kepala keluarga di seluruh Kabupaten Bojonegoro bakal mendapatkan bantuan beras sejahtera (Rastra) dari pemerintah. Bantuan dari pemerintah pusat tersebut akan disalurkan pada bulan Februari 2018 ini, dengan harapan mampu membantu masyarakat yang kurang mampu.

Ada perbedaan besaran bantuan rastra dari tahun – tahun sebelumnya. Tahun ini setiap KK hanya dijatah 10 kilogram beras, sedangkan sebelumnya 15 kilogram per KK.

Sebelum penyaluran bantuan pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah memerintahkan pemdes agar melakukan verifikasi data penerima rastra.

” Disitu ada peluang pengurangan maupun penambahan data penerima dari Basis data terpadu (BDT),” Ujar Kepala dinas sosial Kabupaten Bojonegoro Helmy Elizabeth.

Dinsos berharap pihak desa serius memverifikasi data yang diberikan agar tidak ada lagi masyarakat yang berhak namun tidak menerima.

Dalam surat edaran yang telah disampaikan ke Desa, juga disebutkan bahwa penerima rastra harus sesuai nama dan alamat penerima.

Kedepan, kata Helmy, bantuan tidak disalurkan berbentuk beras lagi. Namun berbentuk saldo, di kartu penerima bantuan rastra.

Saldo uang itu tidak bisa dicairkan secara tunai, namun penerima wajib membelanjakan untuk pembelian dua item kebutuhan pokok yaitu beras dan telur.

” Bisa dibelanjakan melalui rumah pangan kita (RPK), yang penting ada EDC untuk gesek,” Pungkasnya.

Sementara itu sebelum kartu penerima bantuan sosial itu diberikan, bantuan masih akan disalurkan berbentuk rastra. Yang akan didistribusikan seperti biasa ke pemerintah Desa masing-masing. (Ping)