8 Desa Dibenahi Administrasinya Sebelum Mengajukan RPD

oleh

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com

LANGKAH Konkrit Camat Ngasem Machmuddin, AP.MM. diberlakukan bagi para perangkat yang hendah mengajukan RPD (Rekomendasi Pengajuan Dana /RPD).

banner

“Ini kami berlakukan untuk semua desa yang hendak mencairkan dana ADD/DD. Supaya ketika sudah sampai di tingkat kabupaten ternyata kena revisi, maka sebelum kami memberikan rekom, terlebih dulu dilakukan ceklit diawasi sekcam dan sekaligus dipandu oleh para kasi , dan bila terdapat kekurangan lampiran persyaratan agar dilengkap, bila sudah ready, baru kami tanda tangani setelah para kasi dan sekcam membubuhkan paraf. Termasuk bila masih terdapat unsur kekurangan kewajiban PPh maupun PPn, bagaimana pertanggung jawabannya ataupun,solusi . Yang ketika proposal disodorkan ke tingkat II jangan sampai disuruh melengkapi. Sudahlah sampai jam berapa kami temani asal kami tidak ada PLB dari Bupati. ‘kasihan juga khan bila jauh-jauh, akhirnya disuruh kembali hanya mungkin lembar nota pembelian semen, suatu misal begitu. Atau nota ada, tetapi di RAB belum tertera, khan membenahi lagi”, papar Camat Alumni STPDN/IPDN , yang sebelumnya menjabat camat Sumberrejo dan juga kabag Humas Pemkab.

Kasi pem kecamatan ngasem Maji , SH. Ketika ditemui reporter dari media online Lintasbojonegoro.com, menambahkan perihal data, desa mana saja yang saat itu kebetulan lintasbojonegoro mengetahui, rabo (14/11/2018) diantaranya desa, Ngasem, Ngantru, mediunan, sendangharjo, stren, trenggulunan, dukohkidul, bareng, bandungrejo. Dengan pendapingan pembetulan diantaranya kasi pem Maji, SH. Kasi PMD Enny Kusnuryati, Kasi Kesra Betty Nuryani, Spd. Kasi Trantib Kasban, S.Sos. Dan pendamping tibgkat kecamatan. Pembenahan meliputi pembenahan bidang administrasi , termasuk fotho bentuk phisik bangunan yang dikerjakan.”yang lain menyusul karena dirasa belum selesai atau ada yang belum tercukupi administrasinya”, kata Maji, SH. Kasi Pem mantan kasi PMD.

“Semua kasi dan juga pendamping agar melakukan cheklit pada semua ajuan rekom, karena mereka yang tahu kondisi phisik di lapangan serta pegang data sesuai tupoksinya.”untuk kolong, mudah mudahan ketertinggalannya bisa segera menyesuaikan”, ulasan Camat.

“Setelah ada binaan, sudah ada peningkatan, kebetulan saat fals, kami yang diutus oleh pak camat , agar nge-post di balai desa Kolong, sekaligus memberikan lest privace para perangkat yang belum faham. Akhirnya kami memahamkan termasuk tupoksi, kendala sekarang yakni ODF, karena faktor, yakni kurang kesadaran, & anggaran di anggarkan tahap akhir. Insya Allah, menjelang tanggal akhir tahun ini selesai”, kata Kasi Pem. Maji, SH.

“Ini upaya sinkronisasi antara laporan/administrasi dengan keadaan phisik, sudah dilaksanakan apa belum. Setelah benar dan,sesuai dan kasi, sekcam paraf, baru kami tanda tangani. Camat bukan menghambat atau mempersulit turunnya dana untuk membayar kegiatan pembangunan desa, tetapi ini demi keamanan dan keselamatan bersama, sesuaikan dengan prosedur yang benar, mas. Masuk pak Ekooo”, ulasan Camat Ngasem, Machmuddin, AP.MM.***(Ekopurnomo).

banner