450 Personil Di Terjunkan Polres Bojonegoro, Guna Pengamanan Kampanye

oleh

LintasBojonegoro.com – Sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, bahwa mulai tanggal 20 Juni 2018 hingga 23 Juni 2018, akan dilaksanakan tahapan kampanye rapat umum atau kampanye terbuka, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro.

Guna pengamanan pelaksanaan kampanye terbuka tersebut, jajaran Polsres Bojonegoro akan menerjunkan sejumlah 450 personel anggota gabungan dari anggota Polri dan TNI.

KabagOps Polres Bojonegoro, Kompol Teguh Santoso SE, ditemui awak media ini di kantornya pada Selasa (19/06/2018) siang menjelaskan, bahwa jumlah total personel yang akan diterjunkan guna pengamanan kampanye rapat umum atau kampanye terbuka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro tersebut adalah sebanyak 450 personel gabungan yang terdiri 250 personel anggota Polres Bojonegoro, 100 personel anggota Brimob Kompi C Bojonegoro dan 100 personel anggota TNI dari Kodim 0813 Bojonegoro.

banner

“Selain itu kami siagakan juga satu kompi anggota Polri cadangan di Mapolres Bojonegoro. Jika sewaktu-waktu diperlukan dapat langsung diterjunkan guna membantu pengamanan,” terang Kompol Teguh Santoso.

Kabag Ops menambahkan, bahwa rencana pengamanan kegiatan kampanye rapat umum atau kampanye terbuka tersebut, terbagi menjadi 4 ring, terdiri dari, ring 1, yaitu di atas panggung dan di sekitar panggung, termasuk pengamanan pasangan calon dan juru kampanye serta tim sukses pasangan calon.

Sementara untuk ring 2, meliputi area lapangan atau tempat penyelenggaraan kegiatan, termasuk pengamanan terhadap para pendukung pasangan calon. Ring 3, mencakup area sekitar tempat pelaksanaan kegiatan atau di luar lapangan. Sedangkan ring 4, meliputi jalur yang akan dilalui para pendukung , baik dari wilayah timur, barat, selatan maupun utara.

“Untuk pengamanan jalur, diterjunkan anggota dari masing-masing polsek yang berada di jalur keberangkatan maupun kepulangan para pendukung pasangan calon.” terang Kabag Ops.

Secara terpisah Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi, menjelaskan bahwa jajaran Polres Bojonegoro akan melaksanakan pengamanan kampanye rapat umum atau kampanye terbuka dari masing-masing pasanggan calon Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro.

“Kami dari pihak kepolisian dan aparat keamanan lainnya, akan maksimal dalam melaksanakan pengamanan kampanye terbuka untuk tiap-tiap pasangan calon,” tegas Kapolres.

Kapolres juga mengimbau kepada seluruh pendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, agar dapat menjaga keselamatan dirinya sendiri, santun di jalan dan tidak mengganggu sesama pengguna jalan lain, baik saat berangkat maupun saat perjalanan kembali pulang ke rumah serta tertib saat berada di lapangan atau tempat kegiatan.

“Mari sama-sama menjaga situasi keamanan agar tetap kondusif,” imbau Kapolres

Kapolres juga berpesan kepada para juru kampanye, diharapkan benar-benar menyampaikan visi dan misi pasangan calon, tanpa harus menjelek-jelekna pasangan calon yang lain.

“Jadi saya mohon semuanya bisa mengendalikan diri, bisa saling menghargai dan menghormati.” pesan Kapolres.

banner