29 Anggota Dewan di Absensi, Hanya 13 Yang Ikut Sidang, Sisanya Kemana?

oleh -215 views

Oleh Dian

LintasBojonegoro.com — Jelang berakhirnya jabatan anggota DPRD Bojonegoro di tahun 2019 ini, tingkat kedisiplinan anggota semakin menurun. Dari total 50 anggota DPRD Bojonegoro, hanya 29 anggota yang mengisi daftar hadir rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi atas nota Bupati Bojonegoro tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (P-APBD) tahun 2019 jumat (26/07/2019).

banner

Hal itu diperparah dengan kenyataan dilapangan, dari 29 anggota dewan yang mengisi daftar absensi, hanya 13 anggota yang tampak mengikuti jalanya sidang paripurna. Sisanya 16 orang sudah tidak terlihat di ruangan.

Padahal dalam peraturan, kuorum sidang paripurna untuk tingkat kehadiran anggota minimal 50% +1 (26 anggota) dari jumlah total 50 anggota.

” Hadir 29, untuk kuorum minimal 26 anggota,”Kata Kasubag Persidangan Sekretariat DPRD Bojonegoro Arifin.

Meskipun diatas kertas kuorum sudah terpenuhi dengan adanya 29 tanda tangan, namun faktanya di dalam ruang sidang hanya ada 13 anggota. Hal itu menyiratkan kuorum sidang hanya sebagai formalitas absensi, dan tidak dijalankan hingga sidang berjalan sampai akhir.

Kondisi tersebut sempat disinggung oleh ketua fraksi Nasdem Nurani Rakyat Ali Mustofa sebelum menyampaikan pandangan umum fraksi.

Ali cukup prihatin dengan  kedisiplinan beberapa anggota DPRD, dimana tidak menghormati jalanya sidang paripurna. Dengan pulang meninggalkan ruang sidang satu persatu dan tidak kembali meski sidang masih berjalan.

” Saya prihatin beberapa anggota fraksi saya juga sudah pergi satu persatu, bahkan yang terpilih kembali juga tidak ada, biarkan rakyat yang menilai, silahkan media ini ditulis,” Terang politisi partai Nasdem tersebut.

Kejadian seperti ini bukanlah hal baru di dalam proses persidangan, anggota DPRD mengisi absen lalu pergi entah kemana sudah biasa. Jumlah anggota diruangan sidang lebih sedikit daripada di absensi itu juga bukan hal baru.

Belum lagi jadwal sidang yang selalu molor diatas 2 jam. Memang seperti itu kedisplinan sebagian wakil rakyat di Kabupaten Bojonegoro.