200 Ibu PKK Ikuti Lomba Kuliner Ikan Air Tawar

oleh

Bojonegoro – Sebanyak 200 ibu-ibu PKK dari 40 RT di Desa Sukorejo, Kec/Kab. Bojonegoro mengikuti lomba kuliner ikan air tawar di Gedung Sukorejo Sport Centre (SSC), Minggu (9/9/ 2018). Berbagai jenis ikan air tawar yang dijadikan bahan lomba kuliner antara lain, ikan patin, nila, lele, bandeng, ikan sarkamut, gurami, wader, belut, gabus, dan ikan mas.

Ketua panitia lomba kuliner ikan, Ninik Sumartini mengungkapkan, tujuan digelarnya lomba yakni untuk menggali potensi pemanfaatan lahan budidaya ikan, potensi ketrampilan masyarakat dan pengembangan usaha kuliner. Sedangkan kriteria penilaian lomba yaitu; kreasi, penyajian dan rasa.

“Lomba kuliner ini diharapkan bisa mendongkrak perekonomian keluarga jika kemudian dikembangkan menjadi usaha kuliner,” kata Ninik Sumartini sambil menambahkan dalam kegiatan tersebut juga digelar lomba kreasi jilbab dengan peserta dari 40 RT (Rukun Tetangga) yang ada di Desa Sukorejo.

banner

Menurut Ninik Sumartini, peserta lomba mengolah ikan air tawar menjadi sajian makan yang menarik dan lezat. Diantaranya ikan lele bisa diolah menjadi puding, burger, tortila, siomay, kentacky, abon, galantin, dan arem-arem. Ikan patin diolah menjadi pati fantasi, sedakangkan ikan nila bisa diolah menjadi steak, pesmol, dabu-dabu dan nila manis pedas. Ikan gabus diolah menjadi asem-asem ikan gabus dan abon. Ada juga ikan sarkamut diolah menjadi nuget. Sedangkan ikan patin diolah menjadi asem-asem, bothok patin dan bali patin serta ikan bandeng presto.

Sementara itu Kepala Desa Sukorejo, HM. Budi Suprayitno mengatakan, lomba kuliner ini merupakan agenda tahunan yang digelar PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) Desa Sukorejo. Lomba digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-37 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia dan menyongsong Hari Jadi ke-341 Kabupaten Bojonegoro.

“Melalui ketrampilan yang dimiliki ibu-ibu PKK dalam mengolah ikan air tawar kami harapkan bisa mengatasi persoalan gizi masing-masing keluarga,” tutur pria yang menjabat Kades Sukorejo selama dua periode ini.

Berikut ini pemenang lomba kuliner ikan air tawar. Juara I, II, III masing-masing RT. 24, RT. 38, RT. 23. Juara harapan I, II, III masing-masing RT. 32, RT. 04 dan RT. 30. Sementara itu juara I, II dan III lomba kreasi hilbab yaitu RT. 21, RT. 22 dan RT. 15. Sedangkan juara harapan I, II dan III diraih RT. 31, RT. 14 dan RT. 24. (Kuzaini)

banner